Rabu, 21 Januari 2015

Faktor - faktor terjadinya plagiat



PENGERTIAN PLAGIAT

Plagiarisme berasal dari kata latin plagiarius yang berarti merampok, membajak. Plagiarisme merupakan tindakan pencurian atau kebohongan intelektual. “Plagiarisme adalah tindakan menyerahkan (submitting) atau menyajikan (Presenting) ide atau kata/kalimat orang lain tanpa menyebut sumbernya. ( Dalam Sudigdo, 2007).

Tindakan yang termasuk dalam batasan plagiat, antara lain.


a.       Meminjam, membeli hasil orang lain seperti gambar dari situs internet, kemudian diakui sebagai karya pribadi.

b.      Mengambil tanpa ijin berbagi bentuk karya orang lain seperti gambar, musik, video, atau bentuk komunikasi lainnya dan mencantumkan dalam penelitian pribadi

c.       Mengutip tanpa ijin kalimat-kalimat orang kemudian hal tersbut dicantumkan dalam karya pribadi

d.      Meminta bantuan orang tua untuk membuat proyek pribadi.

FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PLAGIAT

Studi empiris oleh Hulton & Donald P. French 92006) dam Dody Hartanto (2011) Mengenai faktro penyebab terjadinya tindakan plagiat yaitu :

a.       Adanya kemalasan pada diri snediri
b.      Karena merasa stress
c.       Perilaku tersebut bukan merupakan hal yang salah dan merugikan
d.      Memiliki keyakinan bahwa perilakunya tidak akan diketahui
e.       Keinganan untuk menghindari kegagalan
f.       Kurangnya waktu untuk menyelesaikan tugas


Cara Menghindari Plagiarisme

Plagiarisme ini adalah sebuah pelanggaran etika oleh karena itu kita harus dapat menghindari dan mencegahnya, berikut cara-cara menghindari dan mencegah tindakan plagiat..



  1. Dalam Lembaga Pendidikan dan Universitas harus dberikan panduan dan bimbingan kepada siswa/mahasiswa dalam membuat suatu karya, skripsi, karya ilmiah dan sebagainya. hal ini dapat membuat siswa atau mahasiswa tidak mencoba untuk melakukan tindakan plagiarisme.
  2. Menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa ataupun mahasiswa agar menghargai karya ciptaan sendiri maupun orang lain, hal ini peran keluarga, guru, dan dosen sangatlah berpengaruh untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut.
  3. Memberi penghargaan terhadap karya-karya orang yang tidak melakukan tindakan plagiat, hal ini sangat berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri untuk menciptakan hasil karya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar