Rabu, 21 Januari 2015

Peran Internet sebagai Mediasi




Peran Internet sebagai Mediasi



Mediasi adalah sebuah upaya penyelesaian konflik yang melibatkan pihat ketiga yang netral , yng tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak – pihak yang bersengketa.
Menurut Priatna Abdurrasyid Meidasi adalah suatu proses damai yang dimana para pihak yang bersengketa menyerahkan penyelesaiannya kepada seorang mediator untuk mencapai hasil akhir yang adil,tanpa biaya besar tapi tetap efektif dan diterima sepenuhnya oleh kedua pihak yang bersengketa.
Peran  Internet sebagai Mediasi yang memungkinkan terbentuknya berbagai model Consciounes dan collective Unconsciousness.





MODEL CONSCIUSNESS
 



Menurut teori Jung, Consciousness muncul pada awal kehidupan, bahkan mungkin sebelum dilahirkan. Menurut Jung hasil pertama dari proses diferensiasi kesadaran itu adalah ego. sebagai organisasi kesadaran, ego berperan penting dalam menentukan persepsi, pikiran, perasaan dan ingatan yang bisa masuk ke kesadaran. Dengan menyaring pengalaman, ego berusaha memilhara keutuhan dalam kepribadian dan emberi orang perasaan kontinuitas dan identitas.

Kesadaran atau Consciousness memiliki 2 komponen yaitu :

1.      Kondisi kesadaran
2.      Isi kesadaran
3.      Kesadaran
4.      Energi Psikis
5.      Struktur.

Isi  Kesadaran atau content of consciousness adalah muatan yang keluar dari pikiran bawah sadar atau tidak sadar, naik ke permukaan dan masuk ke wilayah pikiran sadar sehingga dikenali dan dketahui. setiap kondisi kesadaran merupakan “ jalur” bagi pikiran bawah sadara atau nir sadar untuk mengeluarkan muatannya sesuai dengan kondisi psikis, kebutuhan dan ijin dari sistem




Collective Unconsciousness

Ketidaksadaran kolektif adalah istilah psikologi analitis yang diciptakan oleh Carl Jung. Yang di usulkan untuk menjadi bagian dari pikiran bawah sadar, dinyatakan dalam kemanusiaan dan semua bentuk kehidupan dengan sistem saraf, dan menjelaskan bagaimana struktur jiwa mandiri mengatur pengalaman.

1 komentar: