Rabu, 21 Januari 2015

Etika dam penelitian internet



ETIKA DALAM PENELITIAN INTERNET


Etika penelitian internet yaitu seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika berasal dari 2 suku kata yaitu etika ( Bahasa Yunanis : Ethos) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok, maupun masyarakat dan komputer merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data. Julah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.








Etika penelitian dengan bantuan internet berkaitan dengan “benar” atau “salah” dalam melakukan penelitian. Ada beberapa peraturan yang harus dilakukan dalam etika penelitian dalam internet yaitu :
1.    Menghormati martabat subjek penelitian. Penelitian yang dilakukan harus menjunjung tinggi martabat seseornag. Dalam melakukan penelitian, hak asasi subjek juga harus dihargai.
2.     Asas kemanfaatan.
3.   Informed consent. Aspek utama informed consent yaitu informasi, komprehensif, dan volunterness. Dalam informed consent harus ada penjelasan tentang penelitian yang akan dilakukan. Baik mnegenai tujuan penelitian, tata cara penelitian yang akan dilakukan, manfaat yang akan diperoleh, kemungkinan resiko yang akan terjadi dan adanya pilihan bahwa subjek penelitian dapat menarik diri kapan saja

Terdapat beberapa etika penelitian yaitu :

1.      Penelitian sebagai pencarian Ilmiah yang berpola

Tujauan akhir dari suatu penelitian adalah mengembangkan dan menguji teori. McMillan dan Schumacher mengutip pendapat Walberg ( 1986), mengatakan bahwa ada 5 langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian yaitu :
a.       Mengidentifikasi maslaah penelitian
b.      Melakukan studi melalui penelitian
c.       Melakukan replikasi atau pengulangan
d.      Menyatukan ( sistesis ) dan mereview
e.       Menggunakan dan mengevaluasi oleh pelaksana


2.      Pencarian Ilmiah

Pencarian ilmiah adalah suatu kegiatan untuk menemukan pengetahuan dengan menggunakan metode – metode yang diorganisasikan secara sistematis, dalam mengumpulkan, menganalisis dan menginterprestasikan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar