Kamis, 19 Desember 2013

IBD Bab 2

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia disederhakan menjadi 2 unsur yaitu unsur Jasmani dan unsur Rohani

Ada dua pandangan tentang unsur - unsur yang membangun Mausia, Yaitu :

  •  Manusia terdiri atas 4 unsur yang berkaitan.
      • Jasad
      • Hayat
      • Ruh
      • Nafas
  • Sedangkan dari sudut pandang lain ada 3 unsur pembangunan didalam diri manusia yaitu ID,EGO, dan Super EGO.

Yang membedakan Manusia dengan mahkluk lain.
  1. Manusia adalah mahluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakan hidupnya untuk memenuhu kebutuhan - kebutuhannya.
  2. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang an teru berkemang tidak pernah selesai selama hidupnya.
  3. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkunagan social, bahkan tidak bias berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup dimasyarakat.
  4. Makhluk Tuhan yang berarti ia dalammahluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.

Kebiasaan Budaya Timur

Kepribadian diartikan sebagai suatu pola sikap yang mencerminka sifat atau karakter seseorang dengan ingkungannya. kepribadian bangsa timur dapa diartikan sebagai suatu sikap yang menentukan penyesuain diri.

Bangsa timur erat kaitannya dengan rasa sosialisasi dan rasa solidaritasnya yang tinggi. hal ersebut bagi mereka merupak suatu tuuan untuk mempererat tali persaudaraan. Bangsa timur juga masih kental dari Negara atau daerah masing - masing.
 


PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Kebudayaan secara umum adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia baik jasmani maupun rohani. dengan kata lain budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya bersifat kompelk abstrak dan luas. banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur - unsur social budaya ini tersebar dan meliputi banya kegiatan social manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar