Kamis, 19 Desember 2013

IBD Bab 1

PENGERTIAN , TUJUAN ISD

1. PENGERTIAN ISD ( Ilmu Budaya Dasar)
                  Ilmu social dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan da meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah social dan juga membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Atau dengan kata lain Ilmu Dasar Sosial adalah pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosil, khususunya masyarakat Indonesia, dengan menggunakaa teori - teori yang berasal dari berbagai ahli bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu social.

ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala - gejala social agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiwa dalam menghadapi lingkungan social dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.


2. Tujuan ISD ( Ilmu Sosial Dasar)

Ilmu budaya dasar bertujuan untuk membantuperkembangan wawasa pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasam, pemikirandan kepribadian agar meperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.

Ilmu social dasar bukanlah suatu disiplin ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, tetapi hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek yang paling dasar yang ada dala kehidupan manusia sebagai makhluk social dan masalah - masalah yang terwujud daripadanya.

3. Tiga kekompok Ilmu pengetahuan

Materi ilmu social dasar terdiri atas masalah - masalah social. untuk dapat menelaah masalah - masaah social, hendaknya terlebih dahulu kita mengidentifikasikan kenyataan - kenyataan social dan memahami sejumlah konsep tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu sosil dasar dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :
             
- Kenyataan - kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli - ahli ilmu social karena adanya perbedaan latarbelakang disiplin ilmu atas sudut pandangnya. dalam ilmu social dasar kita menggunakan pendekatan  interdisiplin atau multi disiplin.

- Konsep - konsep pengertian tentang kenyataan - kenyetaan social dibataso konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajaro masalah - masalah social yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social.

- Masalah - masalah sosil yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan - kenyataan social antara satu dengan lainnya saling berkaitan.



PENGERTIAN, TUJUAN IPS

1. Pengertian IPS

Ips adalah bidang kajian atu studi tentan fenomena - fenomena yang terjadi dalam social kemasyarakan yang merupakan dampak dari hubungan dan interaksi antar sesame manusia  yang berlandaskan dasar nilai - nilai eduktif, praktis, teoritis, filsafat dan ketuhanan.

2. Tujuan IPS

Sama halnya dalam bidang - bisang yang lain, tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada yang lebih tinggi. Secara Inttuksional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan Intruksional atau tujuan Pembelajaran.
Tujuan IPS adalh :
  • Membekali peserta didik dengan pengetahuan social yang berguna dlam bermasyarakat.
  • Membekali peserta didik dengan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternative pemecahan masalah social yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
  • Memiliki Kesadaran, Ketramilan dan sikap mental yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar