Kamis, 09 Oktober 2014

Pengertian dan Sejarah Internet

PENGERTIAN INTERNET

Internet berasal dari tiga kata, yaitu inter, connection, dan networking.Inter merupakan singkatan dari INTERNATIONAL, Conection mempunyai arti 'Hubungan', dan Networking berarti 'jaringan' . Jadi dapat disimpulkan bahwa internet adalah teknologi yang menghubungkan beberapa komputer tersebut membentuk suatu jaringan komputer besar yang disebut dengan Cyber Space. angkauan Cyber Space mendunia dan sangat luas ( World - Wide ).




Dalam mengatur integrasi dan komunikasi, jaringan komputer ini menggunakan suatu protokol jaringan, yaitu TCP/IP. TCP ( transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol ) bertugas mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik untuk pengiriman data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, dan juga untuk mengatur serta mengirim data.


Pengertian Internet adalah teknologi yang menghubungkan beberapa komputer atau beberapa jaringan komputer di seluruh dunia untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu.


ISP ( Internet Service Provider ) adalah suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan Internet.


SEJARAH INTERNET


Sebuah rekaman tulisan yang menerangkan bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer terdapat pada memo yang ditulis oleh J.C.R. Lickliders dari MIT ( Massachuset Institut of Techenology) pada bulan agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut diuraikan konsep "Galactic Network". memiliki visi sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat akses data dan program secara cepat dari tempat manapun.
Licklider adalah pimpinan pertama riset riset program komputer dari projek DARPA, 4 yang dimulai bulan Oktober 1962. 

Selana di DARPA dia bekerjasama dengan Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan seorang peneliti MIT, Lawrence G Robert. Leonard Kleinrock di MIT mempublikasikan tulisan berjudul " The first paper on packet switching theory" dalam bulan july 1961 dan " The first book on the subject" di tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Robert dalam teori kelayakan komunikasi menggunakan sistem paket data dari pada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik.

Untuk membuktikan hal ini, pada tahun 1965 Robert bekerjasama dengan Thomas Merril, menghubungkan komputer TX-2 yang ada di Mass dengan komputer Q-32 yang ada di California dengan mempergunakan sebuah saluran dial-up berkecepatan rendah. Ini merupakan sebuah jaringan komputer pertama yang luas yang pernah dibuat untuk pertama kalinya meski dalam skala kecil. hasil dari percobaan ini adalah bukti untuk pertama kalinya meski dalam skala kecil.

Dalam bulan Agustus tahun 1968, setelah Roberts dan penyandang dana proyek DARPA merevisi semua struktus dan spesifikasi ARPABET, sebuah RFQ dirilis DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci, paket pen-saklaran yang disebut Interface Massage Processors (IMP's).
RFQ telah dimenangkan dalam bulan Desember 1968 oleh sebuah grup yang dipimpin oleh Frank Heart dari Bolt  Beranek dan Newman (BBN).
Pengukuran sistem jaringan dilakukan oleh tim pimpinan Kleinrock di UCLA. 6 karena awal dilakukannya pengembangan teori paket pen-skalaran oleh Kleinrock.

Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahin yang sama ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.  Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipersentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris nerhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Untuk menyeragamkan alam di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama dominan, yang kini kita kenal dengan DNS atau domain Name System. komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 100 komputer lebih, Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC. setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tidak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang oaling bersejarang, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

Pada tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya vitual - shopping atau e- retail muncul di internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar